Kamis, 05 April 2012

Menerapkan Kegiatan Bermakna dalam Pembelajaran

Seorang guru dapat mempertimbangkan beberapa panduan berikut ini untuk menciptakan aktivitas (kegiatan pembelajaran) yang bermakna dan menghargai semua siswa:
  • Secara eksplisit mendiskusikan tujuan kegiatan pembelajaran kepada siswa dan manfaatnya bagi mereka
  • Menyediakan arahan yang jelas dan harapan yang guru hendaki untuk mengurangi ketidakefektifan, keterkejutan, dan kekecewaan.
  • Menantang semua siswa untuk bekerja (melaksanakan aktivitas pembelajaran) sesuai potensi yang masing-masing mereka miliki.
  • Gunakan profil siswa, pre-tes, dan informasi lainnya untuk membuat aktivitas pembelajaran
  • Antisipasi setiap tantangan atau hambatan untuk proses belajar mereka dan membangun dukungan untuk mengurangi hambatan tersebut
  • Berbagi atau mengembangkan alat asesmen bersama-sama siswa (dalam hal kriteria, rubrik, contoh, dsb) untuk memperjelas apa yang diharapkan oleh guru untuk mereka kuasai
  • Menyediakan sumber belajar yang mungkin siswa butuhkan untuk aktivitas pembelajaran mereka, yang mudah mereka akses, menarik, dan membangun pemahaman
  • Rancang agar aktivitas pembelajaran bersifat efisien dan tetap dapat menjaga momentum sehingga siswa tetap fokus pada pembelajaran
  • Ases dan perbaiki aktivitas-aktivitas dan tugas-tugas pembelajaran yang telah dibuat untuk memaksimalkan pembelajaran yang guru berikan pada masa-masa yang akan datang

0 komentar:

Posting Komentar