Kamis, 05 April 2012

Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Bermakna

Pengambilan keputusan tentang pengelompokan siswa dan scaffolding (perancahan) yang akan diberikan saat pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa sehingga aktivitas siswa saat pembelajaran yang dilakukan oleh mereka bermakna. Beberapa aktivitas-aktivitas yang bermakna (meaningful activities) bagi siswa yang dapat diberikan oleh guru haruslah bersifat:
  • Dirancang secara tepat
  • Merangsang dan memacu belajar siswa.
  • Otentik
  • Menghubungkan materi pelajaran/aktivitas pembelajaran dengan pengalaman mereka di kehidupan nyata.
  • Adil dan menghargai semua siswa.
Aktivitas-aktivitas pembelajaran yang bermakna (meaningful activities) dibangun oleh pemahaman baik dari siswa-siswa itu sendiri maupun dari guru-guru yang mempunyai teknik pembelajaran yang baik. Aktivitas-aktivitas pembelajaran seharusnya menggugah siswa sehingga mereka mengeksplorasi, bertanya, menerapkan, dan merefleksikan kembali konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan yang telah mereka peroleh. Untuk ini, siswa-siswa harus mendapat kesempatan untuk:
  • Mengidentifikasi persamaan-persamaan dan perbedaan dua hal (kategori)
  • Mengajukan dan menguji hipotesis
  • Menggunakan isyarat, pertanyaan, dan advance organizer dalam belajar
  • Menggunakan dan membuat representasi visual
  • Meringkas dan membuat catatan

0 komentar:

Posting Komentar