Ranah (Domain) Kognitif Menurut Bloom (1956)
![]()  | 
| tingkatan (level) taksonomi Bloom pada ranah kognitif | 
Tujuan pembelajaran dalan ranah (domain) kognitif atau intelektual dibagi menjadi 6 tingkatan, dilambangkan dengan huruf C (cognitive). Secara umum, makin tinggi tingkatannya semakin rumit tujuan pembelajaran itu yaitu:
1. Tingkat (Level) Pengetahuan – C1
Pada level atau tingkatan terendah ini dimaksudkan sebagai kemampuan mengingat kembali materi yang telah dipelajari, misalnya: (a) pengetahuan tentang istilah; (b) pengetahuan tentang fakta khusus; (c) pengetahuan tentang konvensi; (d) pengetahuan tentang kecendrungan dan urutan; (e) pengetahuan tentangklasifikasi dan kategori; (f) pengetahuan tentang kriteria; dan (g) pengetahuan tentang metodologi.Kata Kerja Operasional Level C1
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C1 (Cognitive 1 – Pengetahuan) antara lain:- mengutip
 - menyebutkan
 - menjelaskan
 - menggambar
 - membilang
 - mengidentifikasi
 - mendaftar
 - menunjukkan
 - memberi label
 - memberi indeks
 - memasangkan
 - menamai
 - menandai
 - membaca
 - menyadari
 - menghafal
 - meniru
 - mencatat
 - mengulang
 - mereproduksi
 - meninjau
 - memilih
 - menyatakan
 - mempelajari
 - mentabulasi
 - memberi kode
 - menelusuri
 - menulis
 - merespon
 
2. Tingkat (Level) Pemahaman – C2
Pada level atau tingkatan kedua ini, pemahaman diartikan sebagai kemampuan memahami materi tertentu, dapat dalam bentuk: (a) translasi (mengubah dari satu bentuk ke bentuk lain); (b) interpretasi (menjelaskan atau merangkum materi);(c) ekstrapolasi (memperpanjang/memperluas arti/memaknai data).Kata Kerja Operasional Level C2
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C2 (Cognitive 2 – Pemahaman) antara lain:- memperkirakan
 - menjelaskan
 - mengkategorikan
 - mencirikan
 - merinci
 - mengasosiasikan
 - membandingkan
 - menghitung
 - mengkontraskan
 - mengubah
 - mempertahankan
 - menguraikan
 - menjalin
 - membedakan
 - mendiskusikan
 - menggali
 - mencontohkan
 - menerangkan
 - mengemukakan
 - mempolakan
 - memperluas
 - menyimpulkan
 - meramalkan
 - merangkum
 - menjabarkan
 
3. Tingkat (Level) Aplikasi – C3
Pada level atau tingkatan ketiga ini, aplikasi dimaksudkan sebagai kemampuan untuk menerapkan informasi dalam situasi nyata.Kata Kerja Operasional Level C3
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C3 (Cognitive 3 – Aplikasi) antara lain:- menugaskan
 - mengurutkan
 - menentukan
 - menerapkan
 - menyesuaikan
 - mengkalkulasi
 - memodifikasi
 - mengklasifikasi
 - menghitung
 - membangun
 - membiasakan
 - mencegah
 - menentukan
 - menggambarkan
 - menggunakan
 - menilai
 - melatih
 - menggali
 - mengemukakan
 - mengadaptasi
 - menyelidiki
 - mengoperasikan
 - mempersoalkan
 - mengkonsepkan
 - melaksanakan
 - meramalkan
 - memproduksi
 - memproses
 - mengaitkan
 - menyusun
 - mensimulasikan
 - memecahkan
 - melakukan
 - mentabulasi
 
4. Tingkat (Level) Analisis – C4
Analisis adalah kategori atau tingkatan ke-4 dalam taksonomi Bloom tentang ranah (domain) kognitif. Analisis merupakan kemampuan menguraikan suatu materi menjadi bagian-bagiannya. Kemampuan menganalisis dapat berupa: (a) analisis elemen (mengidentifikasi bagian-bagian materi); (b) analisis hubungan (mengidentifikasi hubungan); (c) analisis pengorganisasian prinsip (mengidentifikasi pengorganisasian/organisasi).Kata Kerja Operasional Level C4
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C4 (Cognitive 4 – Analisis) antara lain:- menganalisis
 - mengaudit
 - memecahkan
 - menegaskan
 - mendeteksi
 - mendiagnosis
 - menyeleksi
 - merinci
 - menominasikan
 - mendiagramkan
 - mengkorelasikan
 - merasionalkan
 - menguji
 - mencerahkan
 - menjelajah
 - membagankan
 - menyimpulkan
 - menemukan
 - menelaah
 - memaksimalkan
 - memerintahkan
 - mengedit
 - mengaitkan
 - memilih
 - mengukur
 - melatih
 - mentransfer
 
5. Tingkat (Level) Sintesis – C5
Level kelima adalah sintesis yang dimaknai sebagai kemampuan untuk memproduksi. Tingkatan kognitif kelima ini dapat berupa: (a) memproduksi komunikasi yang unik; (b) memproduksi rencana atau kegiatan yang utuh; dan (c) menghasilkan/memproduksi seperangkat hubungan abstrak.Kata Kerja Operasional Level C5
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C5 (Cognitive 5 – Sintesis) antara lain:- mengabstraksi
 - mengatur
 - menganimasi
 - mengumpulkan
 - mengkategorikan
 - mengkode
 - mengombinasikan
 - menyusun
 - mengarang
 - membangun
 - menanggulangi
 - menghubungkan
 - menciptakan
 - mengkreasikan
 - mkengoreksi
 - merancang
 - merencanakan
 - mendikte
 - meningkatkan
 - memperjelas
 - memfasilitasi
 - membentuk
 - merumuskan
 - menggeneralisasi
 - menggabungkan
 - memadukan
 - membatas
 - merefarasi
 - menampilkan
 - menyiapkan
 - memproduksi
 - merangkum
 - merekonstruksi
 
6. Tingkat (Level) Evaluasi – C6
Level ke-6 dari taksonomi Bloom pada ranah kognitif adalah evaluasi. Kemampuan melakukan evaluasi diartikan sebagai kemampuan menilai ‘manfaat’ suatu benda/hal untuk tujuan tertentu berdasarkan kriteria yang jelas. Paling tidak ada dua bentuk tingkat (level) evaluasi menurut Bloom, yaitu: (a) penilaian atau evaluasi berdasarkan bukti internal; dan (2) evaluasi berdasarkan bukti eksternal.Kata Kerja Operasional Level C6
Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C6 (Cognitive 6 – Evaluasi) antara lain:- membandingkan
 - menyimpulkan
 - menilai
 - mengarahkan
 - mengkritik
 - menimbang
 - memutuskan
 - memisahkan
 - memprediksi
 - memperjelas
 - menugaskan
 - menafsirkan
 - mempertahankan
 - memerinci
 - mengukur
 - merangkum
 - membuktikan
 - memvalidasi
 - mengetes
 - mendukung
 - memilih
 - memproyeksikan
 
Demikian artikel tentang Pembagian Ranah (Domain) Kognitif Menurut Bloom dari blog PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Model-Model Pembelajaran, semoga bermanfaat. Salam.
+taksonomi+Bloom+pada+ranah+kognitif.png)
0 komentar:
Posting Komentar