Salah satu model pembelajaran matematika yang dianggap efektif untuk diterapkan di kelas saat ini adalah model pembelajaran matematika akselerasi (accelerated math). Istilah lain untuk menyebut model pembelajaran matematika yang satu ini adalah individualized math (matematika individual). Model pembelajaran ini dikembangkan oleh Renaissance Learning Ltd.
Dalam penerapannya di kelas, model pembelajaran matematika akselerasi (accelerated math) atau model pembelajaran matematika individual (individualized math) ini menggunakan teknologi komputer untuk mengevaluasi performa setiap siswa pada akhir unit-unit pembelajaran. Hasil evaluasi ini pula yang kemudian dijadikan rujukan oleh guru untuk memberikan bantuan bagi semua siswa di kelasnya secara individual sesuai kebutuhan masing-masing siswa.
http://www.ehow.com/how_7460023_use-accelerated-math-classroom.html
http://www.wisegeek.com/what-is-accelerated-math.htm
Definisi / Pengertian Model pembelajaran matematika akselerasi (accelerated math) atau matematika individual (individualized math)
Model pembelajaran matematika akselerasi (accelerated math) atau matematika individual (individualized math) adalah suatu model pembelajaran berbasis komputer dengan sistem di mana siswa-siswa belajar pada tingkatan-tingkatan yang berbeda dalam sebuah kelas, kemudian mereka juga dapat melangkah maju ke unit pembelajaran berikutnya berdasarkan kecepatan belajar mereka masing-masing.Model pembelajaran matematika |
Dalam penerapannya di kelas, model pembelajaran matematika akselerasi (accelerated math) atau model pembelajaran matematika individual (individualized math) ini menggunakan teknologi komputer untuk mengevaluasi performa setiap siswa pada akhir unit-unit pembelajaran. Hasil evaluasi ini pula yang kemudian dijadikan rujukan oleh guru untuk memberikan bantuan bagi semua siswa di kelasnya secara individual sesuai kebutuhan masing-masing siswa.
Kelebihan model pembelajaran matematika akselerasi (accelerated math) atau model pembelajaran matematika individual (individualized math)
Kelebihan utama dari model pembelajaran ini adalah bahwa siswa dapat belajar sesuai tingkatan kemampuan dan kecepatan mereka masing-masing. Hal ini bagus karena pada kenyataannya setiap siswa mempunyai kemampuan dan kecepatan belajar yang berbeda-beda.
Selain itu guru juga dapat dengan mudah memperoleh feedback tentang proses beserta hasil pembelajaran yang dilakukan siswanya. Dengan demikian ia dapat mengetahui pula di bagian siswa tertentu mengalami hambata atau kelemahan. Bila hambatan dan kelemahan telah diketahui oleh guru, maka ia dapat memberikan bantuan yang sesuai dan efektif untuk siswa yang bersangkutan
Selain itu guru juga dapat dengan mudah memperoleh feedback tentang proses beserta hasil pembelajaran yang dilakukan siswanya. Dengan demikian ia dapat mengetahui pula di bagian siswa tertentu mengalami hambata atau kelemahan. Bila hambatan dan kelemahan telah diketahui oleh guru, maka ia dapat memberikan bantuan yang sesuai dan efektif untuk siswa yang bersangkutan
Kelemahan model pembelajaran matematika akselerasi (accelerated math) atau model pembelajaran matematika individual (individualized math)
Harus tersedia perangkat keras (komputer) dalam jumlah dan spesifikasi yang memadai.
Harus tersedia software khusus di mana pada software itu tersedia berbagai materi pelajaran matematika yang bersifat interaktif dan dapat mengevaluasi kemajuan belajar siswa pada setiap unit materi pelajaran.
Guru harus memiliki kemampuan di bidang ICT.
Guru akan menemui kesulitan untuk mengaplikasikan model pembelajaran ini pada rancangan pembelajarannya.
Harus tersedia software khusus di mana pada software itu tersedia berbagai materi pelajaran matematika yang bersifat interaktif dan dapat mengevaluasi kemajuan belajar siswa pada setiap unit materi pelajaran.
Guru harus memiliki kemampuan di bidang ICT.
Guru akan menemui kesulitan untuk mengaplikasikan model pembelajaran ini pada rancangan pembelajarannya.
Artikel Lainnya tentang model pembelajaran matematika :
Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik
Jurnal PTK : Model Pembelajaran Matematika Realistik Pada Anak Tuna Grahita
Contoh Lembar Observasi PTK untuk Aktivitas Siswa pada Model Pembelajaran Matematika Realistik
Jurnal PTK : Pengembangan Model Pembelajaran Matematik di SD
Jurnal PTK : Model Pembelajaran Matematika Realistik Pada Anak Tuna Grahita
Contoh Lembar Observasi PTK untuk Aktivitas Siswa pada Model Pembelajaran Matematika Realistik
Jurnal PTK : Pengembangan Model Pembelajaran Matematik di SD
Referensi :
http://www.cehd.umn.edu/nceo/presentations/NCTMLEPIEPStrategiesMathGlossaryHandout.pdfhttp://www.ehow.com/how_7460023_use-accelerated-math-classroom.html
http://www.wisegeek.com/what-is-accelerated-math.htm
0 komentar:
Posting Komentar