Rabu, 19 Desember 2012

Definisi Model Pembelajaran Terpadu

definisi model pembelajaran terpadu
Apakah model pembelajaran terpadu itu?

Definisi Model Pembelajaran Terpadu

Apakah model pembelajaran terpadu itu? Berikut ini, blog http://penelitiantindakankelas.blogspot.com akan memberikan beberapa definisi yang dikemukan oleh beberapa ahli tentang model pembelajaran terpadu. Yuk kita simak.

Definisi model pembelajaran terpadu menurut Fogarty (1991) 

Dalam buku How To Integrate Curricula yang diterbitkan oleh Skylight Publishing Inc. Polatine 11 Lions sebagai berikut:
Model pembelajaran terpadu adalah sebuah sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individu maupun secara kolektif, aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik (Fogarty, 1991).

Definisi model pembelajaran terpadu menurut Beane (2000) 

Pada artikel berjudul Integrated Curriculum in The Midle School yang diterbitkan oleh ERIC Digest dinyatakan:
Model pembelajaran terpadu berasal dari kata “ integrated teaching and learning” atau “ integrated curriculum approach ” sebagai usaha untuk mengintegrasikan perkembangan dan pertumbuhan siswa dan kemampuan pengetahuannya ( Beane, 1993).

Definisi model pembelajaran terpadu menurut  Prabowo (2000) 

Dalam diktat perkuliahan mahasiswa Unesa (Universitas Negeri Surabaya) yang berjudul Pembelajaran Terpadu disebutkan:
Model pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam proses pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran dan mempunyai beberapa ciri yaitu: (1) berpusat pada siswa (student centered), (2) proses pembelajaran mengutamakan pemberian pengalaman langsung, dan (3) pemisahan antar bidang studi tidak terlihat jelas. (Prabowo , 2000).

Definisi model pembelajaran terpadu menurut Sugiyanto (2008) 

Dalam buku Model-Model Pembelajaran Inovatif yang diterbitkan oleh Yuma Pustaka, Surakarta ditegaskan bahwa:
Model pembelajaran terpadu merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik. Pembelajaran ini merupakan model yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan (Sugiyanto, 2008).

Definisi model pembelajaran terpadu menurut Sa’ud (2006) 

Pada buku Pembelajaran Terpadu., diterbitkan oleh UPI PRESS Bandung disebut:
Model pembelajaran terpadu adalah pendekatan holistik yang mengkombinasikan aspek epistemologi, sosial, psikologi dan pendekatan paedagogi untuk pendidikan anak, dengan cara menghubungkan antara otak dan otot, antara individu dan individu, antara individu dan komunitas, dan antara domain-domain pengetahuan. (Sa’ud, 2006 ).

Demikian, semoga bermanfaat.

Artikel sebelumnya yang terkait Model Pembelajaran Terpadu:

Model Pembelajaran Terpadu: Aspek yang Harus Diperhatikan
Model Pembelajaran Terpadu: Langkah yang Harus Dipersiapkan
Berbagai Bentuk Strategi Model Pembelajaran Terpadu

0 komentar:

Posting Komentar