Pengajaran Strategi Belajar - Dukungan Teoritik
Muhammad Faiq Dzaki
Dukungan untuk strategi belajar diperoleh dari dua sumber teoritik yaitu dari Vygotsky dan psikologi kognitif. Teori Vygotsky menekankan pada tiga ide utama bahwa (a) intelektual berkembang pada sat individu menghadapi ide-ide baru dan sulit serta mengkaitkan ide-ide tersebut dengan apa yang telah mereka ketahui, (b) interaksi dengan orang lain memperkaya perkembangan intelektual,(c) peran utama guru adalah bertindak sebagai orang penolong dan mediator pembelajaran siswa . (Arend,1997:245). Sedangkan psikologi kognitif berakar dari teori yang menjelaskan bagaimana otak bekerja dan bagaimana individu memperoleh dan memproses informasi.
Pandangan Vygotsky dan ahli psikologi kognitif dalam memahami penggunaan strategi-strategi belajar adalah penting dengan tiga alasan yaitu: (a) pengetahuan awal berperan dalam proses belajar, (b) memahami apa pengetahuan itu dan perbedaan di antara berbagai jenis pengetahuan dan (c) membantu menjelaskan bagaimana pengetahuan diperoleh oleh manusia dan diproses di dalam system memori otak.(Nur, 2000:10)
Pustaka:
Nur, M. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya, University Press.
Arends, R.I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York : The Mc Graw Hill Companies. Inc.
Muhammad Faiq Dzaki
Dukungan untuk strategi belajar diperoleh dari dua sumber teoritik yaitu dari Vygotsky dan psikologi kognitif. Teori Vygotsky menekankan pada tiga ide utama bahwa (a) intelektual berkembang pada sat individu menghadapi ide-ide baru dan sulit serta mengkaitkan ide-ide tersebut dengan apa yang telah mereka ketahui, (b) interaksi dengan orang lain memperkaya perkembangan intelektual,(c) peran utama guru adalah bertindak sebagai orang penolong dan mediator pembelajaran siswa . (Arend,1997:245). Sedangkan psikologi kognitif berakar dari teori yang menjelaskan bagaimana otak bekerja dan bagaimana individu memperoleh dan memproses informasi.
Pandangan Vygotsky dan ahli psikologi kognitif dalam memahami penggunaan strategi-strategi belajar adalah penting dengan tiga alasan yaitu: (a) pengetahuan awal berperan dalam proses belajar, (b) memahami apa pengetahuan itu dan perbedaan di antara berbagai jenis pengetahuan dan (c) membantu menjelaskan bagaimana pengetahuan diperoleh oleh manusia dan diproses di dalam system memori otak.(Nur, 2000:10)
Pustaka:
Nur, M. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya, University Press.
Arends, R.I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York : The Mc Graw Hill Companies. Inc.
0 komentar:
Posting Komentar